Harga Rebana Bekas

Harga Rebana Bekas – Alat musik khas Melayu ini tak hanya terdiri dari satu jenis atau satu ukuran saja. Ada cukup banyak jenis – jenis rebana berdasarkan fungsinya yang biasanya digunakan secara bersama – sama dalam bentuk set. Tak hanya rebana baru, para pemusik terkadang juga memilih menggunakan rebana bekas karena harga rebana bekas yang lebih murah. Bagi Anda yang belum mengetahui jenis – jenis rebana, berikut ini beberapa diantaranya :

 

harga rebana bekas

 

Rebana Biang

secara garis besar, rebana merupakan alat musik yang biasa digunakan untuk mengiringi lagu islami. Tetapi, ada beberapa jenis rebana yang berbeda tergantung dari fungsinya termasuk rebana biang. Rebana ini pada mulanya dikenal saat digunakan oleh pasukan Mataram yang dipimpin oleh Sultan Agung. Dinamakan rebana biang karena salah satu set rebananya memiliki ukuran yang besar. Rebana biang biasanya terdiri atas 3 ukuran, yaitu Gendung dengan ukuran diameter 30 cm, Kotek dengan diameter 60 cm, dan Biang yang memiliki ukuran paling besar, yaitu sekitar 60 – 80 cm. Karena ukurannya yang relatif besar, rebana biang biasanya dimainkan dengan menahan pada salah satu sisinya, bukan dengan dipegang.

Rebana Maukhid

Rebana Maukhid merupakan kesenian rebana yang dikembangkan oleh Habib Hussein Alhadad. Pada mulanya maukhid hanya terdiri dari 2 rebana saja, namun kemudian dikembangkan menjadi 4 hingga 16 buah rebana.

Hadroh

Jenis lainnya adalah hadroh. Memainkan rebana hadroh biasanya tidak dengan dipukul biasa, melainkan dipukul layaknya memainkan gendang. Rebana hadroh biasanya terdiri atas 3 instrumen, yaitu Bawa, Ganjil dan Gedug. Bawa berfungsi memberikan komando, sehingga irama pukulan yang dihasilkan oleh rebana Bawa ini lebih cepat.sementara Ganjil atau Seling ini memiliki fungsi untuk saling mengisi dengan Bawa. Yang terakhir adalah Gedug yang berfungsi sebagai bass.

Pukulan yang dihasilkan oleh hadroh pun berbeda – beda, terdiri dari tepak, kentang, gedug dan pentil. Setiap pukulan pun dilengkapi dengan nama irama pukulan masing – masing, antara lain : irama pukulan sabu, jalan, pegatan, sirih panjang, dan lainnya. Bgai Pecinta Rebana yang memerlukan set hadroh dengan harga terjangkau, tidak ada salahnya bila mencoba dahulu membeli set rebana bekas. Harga rebana bekas biasanya jauh lebih murah dan memiliki kualitas yang tak jauh berbeda. Jadi bagi Anda yang membutuhkan untuk latihan, set rebana bekas dapat menjadi pilihan.

Rebana Ketimpring

Ketimpring merupakan jenis rebana paling kecil dengan ukuran diameter berkisar antara 20 – 25 cm. Dalam satu grup, rebana ketimpring memiliki tiga instrumen, yaitu tiga, empat dan lima, dimana lima memiliki fungsi sebagai komando suaranya. Ketimpring sendiri terbagi menjadi 2 macam yaitu Maulid dan Ngarak. Sesuai dengan namanya, Maulid digunakan sebagai pengiring saat peringatan Maulid Nabi Muhammad, sementara Ngarak seringkali digunakan sebagai musik pengiring arak – arakan, seperti mengarak pengantin.

Alasan memilih serta harga rebana bekas

Banyak Pecinta Rebana yang tak jarang lebih memilih memberi rebana bekas dengan berbagai alasan, beberapa diantaranya adalah :

  • Harga yang lebih murah – harga rebana bekas

Harga rebana bekas tentu berbeda dengan rebana bekas, karena harganya akan lebih murah. Bagi Anda yang membutuhkan rebana dengan harga lebih terjangkau, rebana bekas dapat menjadi pilihan.

  • Dianggap masih layak digunakan – harga rebana bekas

Rebana bekas tak selalu berarti telah usang atau rusak. Seringkali rebana bekas dipilih karena masih memiliki kualitas baik yang tak jauh berbeda dengan rebana baru

Yuk segera kontak kami untuk info lebih detailnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *