Pusat Rebana Murah berkualitas

Pusat Rebana Murah berkualitas – Banyak para pecinta musik dari kalangan anak-anak hingga dewasa yang sedang mencari tempat pusat rebana murah. Rebana sangat mudah didapatkan di Negara Indonesia dari pasar tradisional, pasar modern dan di toko alat musik terdekat sudah banyak yang menjual alat musik rebana. Rebana merupakan alat musik  yang biasa digunakan saat acara kesenian.

Rebana yaitu gendang yang memiliki bentuk bundar dan pipih yang terbuat dari bingkai berbentuk lingkaran dari kayu bubut. Kesenian rebana sudah beredar luas di negara Asia seperti Indonesia, Malaysia dan sekitarnya. Di Malysia ada rebana ubi yang digunakan untuk mengiringi hari perayaan. Namun jangan khawatir rebana ubi juga bisa didapatkan di pusat rebana murah Indonesia.

pusat rebana murah

Jenis Rebana yang Bisa Didapatkan di Pusat Rebana Murah

Terdapat beberapa jenis rebana yang bisa Anda dapatkan di pusat rebana murah diantaranya yaitu rebana ketimpring, rebana ngarak, rebana maukhid, rebana dor, rebana birdah, dan rebana biang. Rebana ketimpring memiliki 3 buah rebana yang fungsinya yaitu sebagai arak-arakan dihari perayaan maulid.

Rebana maukhid dikembangkan oleh Habib Hussein Alhadad. Rebana maukhid memiliki dua jenis rebana namun dikembangkan oleh Habib Hussein menjadi 4 sampai 16 buah. Keberadaan rebana maukhid bukan semata-mata untuk pertunjukkan saja tapi sebagai pengisi acara tablig. Rebana maukhid hanya ada di Pejaten, Pasar Minggu, dan Jakarta Selatan.

Rebana hadroh memiliki 3 atau 4 buah rebana fungsinya untuk mengiringi syair-syair hadroh. Para seniman rebana mengatakan memainkan rebana hadroh bukan dipukul biasa tapi dipukul seperti memainkan gendang.  Jenis pukulan hadroh ada 4 yaitu tepak, kentang, bedug dan pentil. Setiap jenis pukulan memiliki nama-nama irama pukulan sendiri.

Khusus untuk rebana dor memiliki lubang kecil untuk tempat jari, yang berfungsi untuk mengiringi lagu dari Timur Tengah. Sedangkan untuk rebana maulid dan rebana kasidah memiliki fungsi yang sama, yaitu dimainkan pada perayaan keagamaan. Rebana dor dapat dimainkan bersama rebana ketimpring, rebana hadroh, dan orkes gamung. Ciri khas rebana dor terletak pada irama pukulan.

Rebana birdah berfungsi untuk membawakan puisi arab dan pada umumnya lagu yang dimainkan berirama 4/4 dimainkan dengan duduk bersila, sedangkan lagu yang berirama cepat atau sering disebut fansub dimainkan sambil berdiri.

Rebana biang yaitu rebana yang digunakan di berbagai perayaan seperti khitanan dan pernikahan. Disebut rebana biang karena salah satu rebananya berbentuk besar. Rebana biang terdiri dari 3 buah rebana yang pertama gendung dengan ukuran kecil memiliki garis tengah 30 cm. Yang kedua kotek, yaitu memiliki garis tengah 60 cm dan biang yang bergaris tengah 60-80 cm.

Jenis-jenis rebana di atas bisa Anda dapatkan di pusat rebana murah yang memiliki kualitas tinggi.

Sejarah Singkat Rebana – Pusat Rebana Murah hanya di Raja Rebana

Rebana sering kita jumpai sebagai alat musik pengiring alunan syair shalawat Nabi Muhammad SAW. Alat musik ini terbuat dari kulit kambing dan bahan kayu nangka. Rebana memiliki sejarah yang sangat panjang. Dimulai dari abad ke-6, masyarakat Anshor Madinah menggunakan rebana sebagai alat musik untuk mengiringi lagu “thalaal badru” dalam menyambut kedatangan Nabi  hijrah ke kota Makkah.

Rebana juga digunakan dalam konteks dakwah. Karena alat ini merupakan alat dakwah ampuh yang dimainkah oleh ulama untuk menyebarluaskan agama islam di Indonesia yang mana dalam rebana tersebut berisikan syair-syair yang memuji Rasulullah SAW dan nasihat-nasihat agama islam. Pada abad ke-13 Hijriah ada seorang ulama besar yang datang dari Hadhramaut Yaman ke Indonesia.

Beliau datang ke Indonesia dalam misi berdakwah menyebarkan agama islam. Beliau membawa semacam alat kesenian dari arab berupa qasidah juga diiringi rebana untuk mengisi dakwah-dakwah di Indonesia. Selain itu Hadhramaut Yaman juga pengarang kitab maulid shimtud durror yang berisikan syair kisah-kisah Nabi SAW. Hingga akhirnya Majelis sholawat beliau berkembang di masyarakat sekitar.

Seiring berjalannya waktu, majelis sholawat tersebut berkembang di seluruh Jawa, Kalimantan, Sumatera dan hampir seluruh wilayah Indonesia mengenal alat musik rebana. Dari kota besar hingga desa yang tertinggal sudah tidak asing lagi dengan tradisi kesenian rebana yang juga merupakan peninggalan Walisongo.

Sampai saat ini kesenian rebana sudah akrab dan melekat dengan masyarakat pecinta shalawat dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Alat musik rebana hampir tidak pernah ditinggalkan dalam pengiringan pembacaan sholawat Nabi. Silahkan bagi Anda yang berminat dengan alat musik rebana bisa mencari tempat pusat rebana murah yang memiliki kualitas bagus namun dengan harga terjangkau.

Cara Memilih Rebana Berkualitas – Pusat Rebana Murah

Sebelum Anda berkunjung ke pusat rebana murah alangkah lebih baiknya jika Anda pelajari dulu bagaimana cara memilih rebana yang berkualitas. Karena rebana yang dihasilkan dari setiap pekerja memiliki suara yang berbeda-beda. Ada rebana yang memiliki suara bagus ada yang standar, dan ada juga yang memiliki suara tidak terlalu bagus. Berikut cara memilih rebana yang berkualitas :

  • Pilih rebana yang terbuat dari kulit kambing pilihan.
  • Pilih rebana yang memiliki kulit putih dan bersih
  • Pilih rebana yang terbuat dari kayu mahoni atau dari kayu nangka
  • Pastikan kecrik rebana terbuat dari kuningan asli dan tebal
  • Pastikan kulit pas punggung atau bisa dilihat ada garis tengah di kulit rebana
  • Pastikan suara “tek” dan “dung” dari rebana yang anda pilih terdengar dengan jelas dan merdu
  • Rebana yang bagus jika dipukul pelan saja sudah terdengar suaranya.
  • Memiliki kualitas suara tinggi dan nyaring
  • Cat finishing halus dan mengkilap

Yuk kontak kami sekarang juga…

Semakin berkembangnya zaman, rebana sering dicari dari berbagai kalangan masyarakat di pusat rebana murah. Rajarebana.com menyediakan berbagai jenis rebana dengan kualitas bagus yang bisa anda kunjungi. Anda juga bisa memesan alat musik di rajarebana.com dengan mudah. Silahkan mencoba semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *