Tempat Jual Rebana Murah Terpercaya

Tempat jual rebana murah saat ini memang banyak diminati oleh masyarakat, selain dapat menghemat anggaran faktanya harga rebana yang murah tidak selamanya murahan. Rabana merupakan gendang dengan bentuk bundar dan pipih yang biasa dimainkan untuk memberikan nuansa indah pada sebuah lagu-lagu yang dinyanyikan.

Rebana berbentuk lingkaran yang terbuat dari kayu bubut dan dilapisi dengan kulit kambing. Rebana biasa dijadikan suatu kesenian dari berbagai negara seperti Singapura, Indonesia, Brunei dan Malaysia. Bahkan permainan rebana di sekitar Sungai Pahang, Melayu sangat terkenal dan biasa digunakan untuk mengiringi lagu-lagu tradisional seperti pelanduk-anduk, kenek-knek dan indong-indong.

Jual Rebana Murah

Untuk membuat rebana harus dibutuhkan bahan dasar dan bahan tambahan, adapun bahan dasar yang digunakan yaitu kulit kambing dan kayu. Sementara bahan tambahannya berupa kapur, oker, minyak cat, dempul, seng wit, sirlak, cat mas, lilin dan lainnya. Sebelum Anda mengunjungi tempat jual rebana, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa tips berikut ini:

Tips Memilih Rebana di Tempat Jual Rebana Murah

Teliti Terlebih Dahulu Kualitas Kulit Rebana

Hal terpenting dalam memilih rebana adalah kualitas kulit yang digunakan untuk membuat rebana, apakah berkualitas atau tidak. Kulit rebana yang berkualitas terbuat dari kulit kambing pilihan dengan warna kulit yang putih bersih. Selain itu, umumnya di kulit rebana ada tekstur garis tengah yang berwarna kecoklatan. Sebagian orang berpendapat bahwa kulit rebana dengan ciri-ciri diatas adalah rebana yang berkualitas.

Terbuat dari Kayu Pilihan

Kayu yang digunakan dalam pembuatan rebana sangatlah bervariasi, untuk itu pastikan jenis kayu yang dipilih adalah kayu yang kuat dan tahan lama. Sebaiknya contoh kayu yang dapat Anda pilih seperti jenis kayu mahoni atau kayu nangka.

Bahan Pembuat Kecrik Berkualitas hanya di Raja Rebana yang menyediakan jual rebana murah

Bahan untuk membuat kecrik rebana yang terdapat di tempat jual rebana murah umumnya terbuat dari kuningan asli dan tebal. Hal ini ditujukan agar rebana memiliki keindahan yang tidak mudar meskipun dipakai dalam kurun waktu yang lama.

Suara yang Dihasilkan Jelas

Rebana yang berkualitas akan memberikan antara suara “tek” dengan “dung” terlihat jelas dan merdu, selain itu meskipun rebana hanya dipukul secara perlahan namun suara sudah dapat didengar dengan jelas dan nyaring. Sehingga Anda tidak perlu memukulinya dengan sangat keras, biasanya jenis rebana yang dipukul tidak memiliki suara yang jelas maka kualitasnya perlu diragukan lagi.

Hasil Akhir Berkualitas hanya di Raja Rebana yang Jual rebana Murah di Jabodetabek

Sebaiknya saat Anda mengunjungi tempat jual rebana murah pastikan rebana yang dihasilkan mempunyai finishing yang bagus, baik dari segi kerapian, cat yang digunakan untuk finishing dan lainnya. Sebaiknya pilih rebana dengan hasil finishing yang bagus agar memberikan keindahan dan kemewahan pada rebana yang akan Anda tabuh.

Tips Penyimpanan Rebana dengan Baik dan Benar

Pilih Tempat Penyimpanan yang Tepat

Dalam menyimpan rebana memang terlihat sepele dan mudah, faktanya banyak orang yang melakukan kesalahan dalam menyimpan rebana. Pastikan rebana yang akan Anda simpan ditempatkan pada tempat yang kering, terhindar dari sinar matahari langsung, tidak lembab dan posisinya ditumpuk dengan kulit rebana menghadap keatas.

Jauhkan dari Api dan Benda Tajam

Setelah Anda mendapatkan rebana dari tempat jual rebana murah maka sebaiknya proses penyimpanannya harus diperhatikan dengan jelas. Pastikan Anda menjauhkan rebana dari api atau benda-benda tajam, hal ini lantaran rebana terbuat dari kulit kambing jadi jika terkena api akan mudah terbakar. Sementara benda-benda tajam disekitar rebana ditakutkan akan merobek kulit rebana yang kencang.

Gunakan Tas Rebana dengan Tepat

Ada beberapa orang yang lebih menyukai rebana diletakkan didalam tas dibandingkan dengan menumpuknya. Untuk itu, jika Anda akan menempatkan rebana pada tas, sebaiknya masukkan alat-alat rebana secara bertumpuk dan rebana dibawah kulit lalu dihadapkan keatas, sementara yang diatas dihadapkan kebawah. Ini berlaku untuk tas yang bisa digunakan untuk dua isi rebana.

Tips Merawat Rebana agar Tetap Bagus dan Awet

Terhindar dari Sinar Matahari Secara Langsung

Dalam merawat rebana yang Anda beli dari tempat jual rebana murah sebaiknya rebana tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan kulit kambing yang terdapat pada rebana masih kencang, jadi jika terlalu lama terkena matahari maka akan menjadikan rebana mudah robek.

Meskipun ada beberapa orang yang beranggapan saat kulit rebana kendor sebaiknya dijemur agar lebih kencang, memang sekilas akan memberikan efek seperti yang Anda inginkan. Namun, secara perlahan rebana tetap akan kendor dan akan mudah sobek.

Pastikan Tidak Terkena Air

Selain terhindar dari sinar matahari langsung, sebaiknya rebana jangan sampai terkena air. Hal ini lantaran bahan rebana yang terbuat dari kulit kambing jadi jika terkena air akan mudah sobek dan tidak menarik. Akan tetapi jika terlanjur terkena air maka Anda dapat membersihkannya secepat mungkin.

Pastikan Rebana dibawa dengan Tepat

Tempat jual rebana murah biasanya akan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai cara membawa rebana yang tepat seperti apa, namun jika tidak Anda dapat menanyakannya langsung kepada penjualnya. Akan tetapi, sangat disarankan untuk membawa rebana  dengan menggunakan tas khusus. Hal ini bertujuan agar rebana terhindar dari panas dan juga hujan, dengan demikian kualitas rebana yang dibeli akan tahan lama.

Setelah mengetahui beberapa tips diatas, kini saatnya Anda mengaplikasikannya dengan tepat. Jika Anda masih penasaran dengan tempat jual rebana murah dan berkualitas. Kini saatnya Anda mempercayakan kualitas rebana Anda pada rajarebana.com. Selain berpengalaman, raja rebana telah dipercaya akan kualitasnya. Segera kontak kami  atau lihat tentang kami jika anda ingin mengenal kami lebih dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *